17 Game VR Terbaik di 2020

Virtual Reality sudah lama dianggap akan menggantikan joystick, mouse dan keyboard di dunia game. Sayangnya (atau untungnya) sampai sekarang belum kejadian.

Mouse dan Keyboard masih jadi perangkat gaming terpopuler, hanya terganggu sedikit oleh kehadiran game smartphone kelas AAA yang belakangan ini semakin marak.

Meskipun belum bisa menyaingi mesin gaming sekarang, Virtual Reality tidak ada duanya kalau bicara soal imersif atau pengalaman seolah-olah berada didalam dunia game itu. Namun ini pun harus dipadukan dengan berbagai elemen lain, mulai dari alur cerita, sensitifitas perangkat, grafik dan suara game, dialog, kualitas mesin VR, harga, ruangan, dan banyak lainnya.

Oleh karena itulah game VR kami rasa tidak bisa sembarangan, banyak game VR yang bisa dibilang sampah tapi ada juga yang memberikan pengalaman baru dan dan mencengangkan bagi pemainnya. Berikut daftar 17 game VR terbaik.


1. Half-Life: Alyx (Valve Index, HTC Vive, Oculus Rift, Windows Mixed Reality)

half life alyx

Di game ini kamu akan kembali masuk ke dunia Half-Life setelah 13 tahun rehat, namun dunia baru ini mungkin agak ‘asing’. Alih-alih menjadi Gordon Freeman, sekarang kamu akan jadi Alyx Vance dan bertahan melewati City 17 di waktu sebelum sang fisikawan datang.

Ini berarti kamu akan adu tembak dengan tentara Combine dan musuh alien lainnya, serta menyelesaikan misteri/puzzle yang membutuhkan kontrol VR. Valve daridulu hobi bereksperimen dengan cara pemainnya berinteraksi didalam game, dan game ini pun bukan pengecualian. Di Half-Life: Alyx kamu akan menemukan bermacam-macam variasi cara berinteraksi yang tidak membuat bosan.

Mungkin Valve keterlaluan karena membuat fans-nya menunggu terlalu lama. Tapi dengan rilisnya game ini kami yakin kamu bisa sedikit memaafkan.


2. Blood and Truth (PS VR)

blood and truth

Ketika PlayStation VR Worlds dirilis beberapa tahun lalu beseeta headsetnya, salah satu game yang paling menjanjikan adalah London Heist, game FPS yang terinspirasi dari film hollywood. Sekarang hadir Blood and Truth, game first person shooter penuh aksi yang merupakan pengembangan dari konsep London Heist.

Blood and Truth bukanlah game untuk marketing atau unjuk kebolehan perangkat VR semata. Ini adalah game betulan, yang berulan susah, betulan seru dan betulan punya jalan cerita menarik. Kamu akan jadi mantan tentara yang kembali masuk ke dunia kriminal di berbagai jenis lokasi. Kalau punya PSVR kamu harus coba.


3. Batman: Arkham VR (Oculus Rift; PS VR; HTC Vive)

batman arkham vr

Satu satunya kekurangan game ini adalah jalan ceritanya yang pendek. Tapi hal yang paling seru? Kamu bisa jadi batman tentunya, memecahkan misteri kriminal dan pembunuhan dengan peralatan canggih yang ada di badanmu.

Jalan cerita di game ini kemungkinan berhubungan dengan game batman lainnya. Kenapa kami bilang ‘mungkin’? Ada twist di ujung game ini yang bikin kamu mikir. Jangan di spoiler, saran kami coba langsung.


4. No Man’s Sky VR (PSVR, Oculus Rift, HTC Vive)

No Man's Sky

Game eksplorasi masif sekarang bisa kamu nikmati di perangkat VR. Kamu bisa menjelajahi dunia baru atau duduk di kokpit pesawat sambil menikmati pemandangan dunia yang sangat luas.

Karena dunianya sangat besar, kamu tidak akan kehabisan lokasi atau hal baru untuk dieksplor sembari menemukan bahan dan peralatan untuk mengupgrade pesawatmu agar bisa menjelajah lebih jauh lagi.


5. LA Noire: The VR Case Files (HTC Vive)

LA Noire VR

LA Noire bisa dibilang salah satu game detektif terbaik yang pernah ada. Game ini dibuat oleh Rockstar games yang juga membuat game kelas AAA seperti GTA V dan Red Dead Redemption.

Mencari petunjuk, menghubungkan petunjuk satu dengan yang lain, memperhatikan gerak gerik, ekspresi wajah, dan detil lainnya kini bisa kamu alami sendiri dengan perangkat VR. Satu yang beda dari game aslinya adalah panjang cerita, dimana di versi VR nya ia dibuat lebih pendek.


6. Keep Talking and Nobody Explodes (Oculus Rift; Oculus Go; Gear VR; PS VR; HTC Vive)

Keep Talking and Nobody Explodes

Keep Talking and Nobody Explodes lebih cocok dijabarkan sebagai game co-op asimetrik. Artinya ini adalah game VR yang bisa kamu mainkan dengan teman-teman hanya menggunakan 1 headset VR. Kabar baik untuk kamu yang kurang mampu beli beberapa headset VR, atau pusing berlama-lama memakainya.

Jadi di game ini kamu akan memakai VR, dan teman temanmu diluar mengarahkan kamu untuk menjinakkan sebuah bom. Mereka tidak bisa lihat bom-nya, bahkan mereka tidak tahu bom jenis apa yang sedang kamu hadapi. Mereka akan menggunakan buku panduan di ponsel masing masing untuk mengarahkanmu menjinakkan bom.

Inti dari game ini adalah kamu harus berkomunikasi dengan efektif. Dan tentu saja, ada batas waktu sebelum bomnya meledak.


7. Beat Saber (Oculus Rift; PS VR; HTC Vive)

Beat Saber

Kalau dilihat sekilas, ini game yang simpel. Kamu memegang 2 light saber, tapi alih alih menghajar musuh dari Star Trek, kamu akan memukul kotak-kotak sesuai alunan lagu yang muncul.

Beat saber adalah game ritme kinetis yang paling cocok untuk bikin kamu berkeringat. Dengan dua motion controller, kamu akan menebas setiap box tadi keatas, kiri, kanan, dan bawah sesuai perintah. Game ini menggunakan “note highway” mirip Guitar Hero atau Rock Band.

Cocok dimainkan di posisi duduk, Beat Saber hadir dengan 10 lagu. Namun, pemain PC bisa membuat lagunya sendiri dari dalam game, dan dengan sedikit modifikasi kamu bisa membagikan lagu tersebut ke teman-teman.


8. The Elder Scrolls V: Skyrim VR (Oculus Rift; PS VR; HTC Vive)

The Elder Scrolls V Skyrim VR

Sebagai game yang hadir di semua jenis perangkat, aneh rasanya kalau game open-world ini tidak dibuat versi VR-nya. Skyrim VR memberikan kamu pengalaman lebih dekat ke dunia Tamriel. Game ini menerapkan motion control yang sangat presisi, dimana kamu bisa mengayunkan atau menebas serangan musuh secara akurat dan super realistis.

Kamu bisa berpindah tempat di dunia yang luas dengan teleportasi, input manual ke kontroler, atau berjalan-jalan betulan kalau kamu punya ruangan besar.

Baca:  11 Game RPG PC Terbaik (Review)

Semua DLC sebelumnya, seperti Dawnguard dan Hearthfire sudah hadir di game ini. Kekurangan satu satunya adalah kualitas grafik yang masih agak tertinggal.


9. Doom VFR (PS VR; HTC Vive)

Doom VFR

Doom VFR lebih cocok digambarkan sebagai adaptasi VR dari reboot Doom di 2016, ketimbang versi penuhnya dirubah ke perangkat VR. Ini berarti Doom VFR memiliki cerita yang berbeda, dan dinamika pertempuran yang disesuaikan dengan VR.

Game ini cocok dimainkan oleh kamu yang punya ruangan agak luas, karena di game ini kamu akan sering jongkok dan berputar untuk mengahadapi musuh dari berbagai arah.

Doom VFR bukanlah game Doom terbaru lagi sejak Doom: Eternak dirilis. Tapi untuk pengalaman menebas monster yang nyata, ini masih jadi pilihan terbaik.


10. Rec Room (Oculus Rift; PS VR; HTC Vive)

Rec Room

Rec Room adlaah game VR terbaik untuk bersantai. game in menawarkan ruangan untuk santai, melempar barang-barang, berinteraksi dengan objek, dan ngobrol dengan banyak pemain lain dari seluruh penjuru dunia. Kamu bisa memainkannya sambil duduk ataupun berdiri sambil banyak gerak.

Rec Room didesain untuk eksperimen sosial, jadi kamu akan mendengar banyak orang di mic. Jangan ragu untuk ikut nimbrung!


11. Star Trek: Bridge Crew (Oculus Rift; PS VR; HTC Vive)

Star Trek Bridge Crew

DI Star Trek: Bridge Crew kamu bisa memenuhi impianmu untuk bergabung dengan Starfleet, dengan 4 pilihan posisi diatas kapal: Captain yang mengurus objektif dan memberi perintah; Tactical Officer yang mengurus sensor dan persenjataan, Helm Officer yang mengurus arah dan kecepatan pesawat,; atau Engineer yang mengurus manajemen power serta memperbaiki semua kerusakan.

Game ini didesain untuk dimainkan sambil duduk, jadi kamu tidak perlu ruangan luas untuk berputar atau jalan jalan. Kamu akan mengurus satu dari 4 pekerjaan tadi dan menggunakan motion controller untuk berinteraksi dengan tombol-tombol di pesawat.


12. Archangel: Hellfire (Oculus Rift; PS VR; HTC Vive)

Archangel Hellfire

Archangel adalah mech shooter yang berisi cerita single player untuk versi PS4 dan PC nya. Di game ini kamu ditempatkan di kokpit robot raksasa yang cocok dimainkan sambil duduk.

Kamu akan mengontrol kedua tangan robot ini adan berbagai persenjataan untuk menghabisi musuh-musuh yang datang. Kalau musuh sudah terlalu dekat, ayunkan saja tanganmu dan habisi mereka dengan tangan kosong.

Versi PC game ini menghadirkan mode multiplayer stand-alone. Ia juga memberikan kebebasan untuk kamu memodifikasi robot, sehingga kamu bisa bergerak bebas ke segala arah. Kalau beli DLC nya di Steam, kamu juga akan dapat beberapa barang bagus di versi multiplayernya.

Archangel: Hellfire adalah game VR terbaik untuk kamu yang mencari pengalaman VR kelas AAA.


13. Fallout 4 VR (HTC Vive)

Fallout 4 VR

Seperti Skyrim, Fallout 4 juga dirubah ke versi VR dengan sangat baik. Game ini menempatkan kamu di dunia pasca bencana sekitar Boston, AS dimana kamu akan bertemu berbagai orang, monster dan mesin yang mencoba bertahan di dunia keras ini sembari kamu mencoba mencari anggota keluargamu yang hilang.

Versi VR dari Fallout ini sama dengan Skyrim, kamu bisa bergerak bebas di dunia Fallout dengan jalan-jalan, menggunakan kontroler, teleport dari titik ke titik, atau kombinasi ketiganya. Meskipun begitu, bukan berarti game ini tidak bisa dimainkan duduk, tapi kamu rasa jauh lebih seru kalau dimainkan sambil berdiri dan bergerak.


14. Resident Evil 7: Biohazard (PS VR)

Resident Evil 7 Biohazard

Tak perlu panjang lebar, ini adalah game horor terseram dan terbaik untuk VR. Untuk kamu yang maniak game horor, atau sekedar mau coba ketegangan kelas baru yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya, game ini adalah wajib coba.

Game ini khusus untuk PS VR, dan kamu akan jadi Ethan Winters yang mencari istrinya, Mia, yang hilang sambil memecahkan misteri di rumah angker, dengan peluru terbatas, lampu terbatas, dan nyali yang (mungkin) terbatas juga.


15. The Talos Principle VR (Oculus Rift; HTC Vive)

The Talos Principle VR

Ini adalah game puzzle first-person, bisa dibilang mirip Portal yang diadaptasi ke versi VR untuk segala konfigurasi permainan, baik itu berdiri, duduk, atau bergerak-gerak.

Di game ini kamu harus menyelaraskan sinar untuk mematikan dan menyalakan medan listrik dan menghalangi jalanmu, memanipulasi objek dengan kontrol gerakan, serta menyelesaikan banyak puzzle rumit lainnya sambil menghindar dari drone yang memburumu.

Kalau kebanyakan game VR fokus ke action, The Talos Principle menawarkan sesuatu yang lebih santai namun butuh otak. Kamu akan bermain sebagai android yang dipandu suara misterius sambil mempelajari hari-hari terakhir umat manusia. Melalui karakter-karakter lain yang kamu temui, kamu akan menemui bahwa cerita dibalik semuanya ternyata cukup mengejutkan.


16. Eve: Valkyrie (Oculus Rift; PS VR; HTC Vive)

Eve Valkyrie

Eve: Valkyrie ada didalam dunia Eve Online, namun hanya menawarkan mode competitive multiplayer spaceship combat. Di game ini tidak ada mode single-player offline atau campaign tradisional, melainkan kamu akan ditempatkan di arena pertempuran masif dan harus menembak pesawat terbang musuh.

Kamu punya berbagai pilihan jenis pesawat, dengan setiap jenisnya punya keunggulan tersendiri didalam pertempuran. Ada 5 jenis multiplayer yang ditawarkan didalamnya.

Game ini lebih cocok dimainkan sambil duduk. Eve: Valkyrie melacak gerakan kepalamu untuk membantu penglihatan ke dunia sekitar dari dalam kokpit. Namun game ini sendiri tidak mengandalkan motion-controller.

Kala kamu cinta game pertempuran luar angkasa, Eve: Valkyrie pastinya game yang tepat.


17. Five Nights at Freddy’s: Help Wanted (PSVR; HTC Vive)

Five Nights at Freddys Help Wanted

Kalau jenis hiburan yang kamu suka adalah mengeksplor restoran berhantu dengan robot-robot pembunuh didalamnya, serta banyak jumpscare, maka game ini sangat cocok. Five Nights at Freddy’s akhirnya dibuat versi VR nya supaya kamu bisa merasakan jumpscare di perspektif yang berbeda.

The post 17 Game VR Terbaik di 2020 appeared first on RuangLaptop.